Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1 ~ Top 1 oli sintetik mobil-motor indonesia
Home » » Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1

Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1


Yamaha baru saja meluncurkan Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1 dengan mengandalkan teknologi fuel injeksi sebuah teknologi pertama untuk kelas motor bebek di indonesia, yang disingalir bisa meningkatkan performa motor ini meningkat 20 persen.

Tak cuma cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari, All New Jupiter Z1 juga mumpuni untuk kaum muda yang membutuhkan tunggangan dengan kecepatan tinggi di tengah kepadatan lalu lintas, khususnya Jakarta.

tampilan desain dari  Sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit Jupiter Z1 secara umum dapat dikatakan hampir baru semua baru, meski perubahan tidak terlalu signifikan.

Dimulai dari bentuk head lamp split yang memiliki lekukan berbeda. Lampu sein di bagian depan dibuat meruncing dan terkesan aerodinamis.

Tak ketinggalan disematkan desain sayap 3D dua layer dengan rongga yang dimaksudkan untuk mengarahkan aliran angin agar maksimal mendinginkan mesin. Ubahan pun diberikan di bagian buritan dengan lampu belakang lebih tajam.

Perubahan desain indikator speedometer dibuat minimalis sehingga gampang dilihat meski sedang ngebut sekalipun. Rumah kunci kontak dengan pengaman bermagnet juga dibuat sangat memudahkan. Untuk menutup lubang kunci cukup ditekan mirip yang ada pada Soul GT.

Puas melihat tampilan yang menawan, rasa penasaran semakin besar untuk menjajal performa All New Jupiter Z1. Posisi jok yang tebal, setang, serta foot step terasa pas, tidak terlalu merunduk tapi berkesan sporty. Grip setang motor ini memang terinspirasi dari desain setang YZF-R1, keuntungannya gerakan throttle lebih ringan 20 hingga persen.

Begitu gas dibetot, All New Jupiter Z1 langsung melesat cepat pada putaran awal. Track lurus pun mampu dilahap dengan top speed 110 km/jam.

Beberapa tikungan cepat pun bisa dilibas tanpa menutup selongsong gas. Respons di putaran atas lagi-lagi bisa dirasakan dengan jelas di tikungan ini. Pengendara bisa tetap berada di gigi 4 dan hanya menurun gas sedikit saja ketika melewati tikungan, tanpa harus menurunkan gigi.

Begitu keluar tikungan, gas pun kembali dibetot. Hasilnya, putaran mesin tetap cepat naik. Saat menikung dalam posisi jarum speedometer menyentuh angka 80 sampai 90 km/jam, motor masih tenang tanpa goyang.

Suara mesin pun terdengar halus meski melewati beberapa jalan sayang sedikit bergelombang. Tentu ini membuat pengendara semakin nyaman.

Motor ini mengandalkan mesin 113,7 cc 4 langkah, 2 valve SOHC, dan pendingin udara silinder tunggal yang dapat melontarkan output 10,06 PS pada 7.750 rpm dan torsi 9,9 Nm pada 6.500 rpm.

Kesan Doni Tata

Tidak cuma media yang menikmati rasa baru All New Jupiter Z1. Pembalap nasional Doni Tata pun ikut serta menjajal motor ini.

"Dengan kondisi standar seperti ini, All New Jupiter Z1 sudah sangat mumpuni untuk dipacu. Lebih responsif dan agresif tanpa harus dioprek lagi," kata Doni

Namun, kata dia, dengan performa seperti ini seharusnya kapasitas cc mesin ditingkatkan dari 115 cc menjadi 125 cc. "Tadi saja top speed hanya mampu mencapai 120 km/jam, buat saya terlalu tanggung. Dengan cc besar tentunya top speed bisa lebih dari itu," katanya.

Kendati begitu, secara keseluruhan menurut Doni, All New Jupiter Z1 cukup memuaskan bagi mereka yang membutuhkan tunggangan cepat dan agresif.

Diketahui, Jupiter Z yang kerap dipakai untuk ajang balap pertama muncul tahun 2000, dengan mengandalkan mesin 110 cc. Tiga tahun kemudian, Yamaha melakukan penyegaran desain dan penambahan kode "Z" di nama belakangnya.

Selanjutnya pada 2009, lahirlah generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru yang mengusung mesin 115 cc. Dan terakhir hadir dengan mengusung sistem injeksi, yakni All New Jupiter Z1.

Penerapan atau migrasi ke teknologi sepeda motor bebek injeksi memang menjadi suatu keharusan dari setiap produsen sepeda motor Indonesia. Sebab, Indonesia akan menerapkan emisi gas buang euro 3 pada 2014.

0 komentar:

Posting Komentar